Yuk Mengenal Riba » akadbaiq : platform digital penjualan hewan kurban
Wednesday, December 11, 2019, 02:48

Akadbaiq (Jakarta) – Hai SobatBaiq, sudahkah kamu paham mengenai Riba? Ya, bagi sebagian orang, riba sangatlah ditakuti karena mengandung unsur-unsur yang dilarang, khususnya dari segi agama. Riba sendiri bermakna ‘tambahan’.

Secara gambalngnya makna tambahan dari kata riba, bisa dimaksudkan sebagai tambahan yang berasala dari suatu usaha haram yang sifatnya dapat merugika salah satu pihak dalam suatu transaksi. Atau secara teknis, berate adanya pengambilan tambahan harta pokok atau modal secara batil.

 

Seperti yang disampaikan Allah Ta’alla dalam firmannya “ Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan. Peliharalah dirimu dari api neraka, yang disediakan untuk orang-orang yang kafir.” (Qs. Ali Imron [3]: 130). Api Neraka? Sadarkah kita bahwa riba turut andil menjerumuskan kita ke dalam api neraka.

Sebagai bagian dari mawas diri agar terhindar dari riba, gak ada salahnya para SobatBaiq memahami beberapa jenis riba, yang dapat menjerumuskan kita ke neraka jahanam.

1.     Riba hutang piutang yang terbagi menjadi 2 macam, riba Qard dan riba jahiliyah. Riba qard yaitu suatu manfaat atau kelebihan tertentu yang disyaratkan terhadap sesorang yang berhutang. Sedangkan riba jahiliyah yaitu, hutang yang dibayar melebihi dari hutang pokoknya yang dikarenakan si peminjam tidak mampu membayar hutangnya pada waktu yang ditetapkan atau umum dikenal sebagai bunga.

2.     Riba jual beli yang terbagi memjadi 2 macam, riba fadhl dan riba nasi’ah. Riba fadhl yaitu,  pertukaran antara barang-barang sejenis dengan kadar atau takaran yang berbeda dan barang yang dipertukarkan tersebut masuk dalam jenis ‘barang ribawi’. Sedangkan riba nasi’ah yaitu penangguhan penyerahan atau penerimaan jenis barang ribawi dengan jenis barang ribawi lainnya.

Nah itu baru dari segi pemahamannya loh Sobat, belum lagi dari segi mudaratnya. Seperti yang tercantum di Dalam surat Al Baqarah ayat 276, yang berarti 'Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa'. Begitu pula dengan surat Al Baqarah ayat 278, yang berarti 'Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman'.

Masih menganggap remeh akibat dari riba? Oleh sebab itu, SobatBaiq yang ingin memperoleh suatu barang, ada baiknya mengukur kesanggupan diri atas harta serta penghasilannya. Salah satu kebutuhan yang terkait dengan pelaksanaan ibadah yang diajurkan yaitu berkurban.

Jika kamu sudah berniat untuk melaksanakan kurban namun memiliki beberapa keterbatasan, sebaiknya niatan kurban diantisipasi dari jauh hari dengan menyisihkan sebgaian penghasilan untuk dibelikan hewan kurban saat Idul Adha nanti.

Sebagai solusi tepat untuk para SobatBaiq menghindari riba dalam pelaksanaan niatan kurban nanti, kamu bisa menabungnya melalui www.akadbaiq.com. Platform digital menabung kurban di akadbaiq dikembangkan dengan merujuk kepada nilai ibadah yang terlepas dari riba.

Menabung dari jauh hari dengan besaran angka yang telah ditetapkan sejak awal di akadbaiq, akan mempermudah kamu mewujudkan niatan kurban di tahun depan. Selain terhindar dari riba, akadbaiq juga memberikan kemudahan untuk menetapkan nominal tabungan sesuai kesanggupan nasabahnya.

Dan hal lain yang lebih menguntungkan kenapa menabung kurban di akadbaiq, jika kamu segerakan menabung di akadbaiq, maka kamu bisa mendapatkan harga beli hewan kurban yang lebih baik dibandingkan dengan kamu membelinya langsung saat pelaksanaan kurban nanti.

Bagaimana siap mulai menabung kurban, langsung aja klik www.akadbaiq.com

 


No comments yet.
(*) Required fields
Kebijakan Privasi | Blog | Syarat dan Ketentuan

(c) akadbaiq 2019, All Rights Reserved
Hit counter: 174854